5 Tips Hemat Instalasi Listrik

Hemat listrik bukan hanya saat menggunakannya atau memilih besar konsumsi perangkatnya.

Bila tanpa perencanaan instalasi listrik yang tepat, maka penggunaan daya listrik menjadi tidak optimal. Penghematan tidak bisa lepas dari komponen kelistrikan. Karena itu, bagi Anda yang sedang merencanakan pemasangan instalasi listrik di rumah, berikut adalah tips perencanaan instalasi.

Hindari Banyak Kelompok Instalasi Listrik

Dalam sebuah rumah kerap ditemukan banyak sekali kelompok listrik, artinya terdapat sebuah panel yang mengatur beberapa ruangan atau distribusi arus. Hal ini memang diperlukan, namun begitu jangan atur menjadi lebih sedikit karena semakin sedikit pembagian kelompok distribusi arus maka akan lebih hemat pemakaian listrik dalam sebuah rumah tersebut.

Atur Area Kelompok Arus

Ini yang sebelumnya kami sampaikan, cara instalasi hemat listrik ini yang mengatur area kelompok arus akan berdampak pada penggunaan listrik berdasarkan area lebih hemat dalam pemakaian kabelnya, ketimbang pembagian yang berdasarkan beban listrik. Seperti beban lampu, beban stop kontak, beban alat elektronik dengan kebutuhan watt-nya sesuaikan dengan area yang telah ditentukan berdsarkan kelompok arus listrik.

Dekatkan Saklar Dan Stop Kontak

Ini salah satu 7 cara instalasi hemat listrik paling jitu, pasalnya jika saklar dan stop kontak berdekatan akan memungkinkan 1 pipa conduct bisa dimasukkan 2 instalasi sekaligus, yakni instalasi saklar dan instalasi stop kontak. Untuk mencegah kebocoran arus listrik, sebaiknya sambungan antar kabel memakai model tikus. Sementara, untuk menjaga alat-alat elektronik dari petir dan arus listrik bocor.

Dekatkan Boks Panel dan Meteran

Cara jitu yang tak kalah mantap dalam melakukan penghematan adalah mendekatkan antara boks panel dan meteran, hal ini terkait dengan penghematan material yang digunakan. Umumnya jenis kabel yang digunakan untuk fungsi ini harganya mahal. Maka dari itu, bila semakin pendek kabel yang digunakan, biaya yang dikeluarkan akan semakin murah. Alhasil cara tersebut akan lebih hemat.

Pastikan Ukuran Kabel Dengan Daya Sesuai

Hal ini juga bisa menjadi permasalahan, jangan memberikan daya besar dengan kabel kecil atau sebaliknya, dampaknya cukup fatal bahkan bisa terjadi korsleting.Untuk itu pilihan ukuran kabel perlu disesuaikan dengan beban daya di rumah tersebut dan fungsi instalasi listriknya. misalnya, untuk fitting lampu dipakai ukuran kabel 2 milimeter kali 1,5 milimeter. sedangkan untuk stop kontak dengan daya terpasang, anda bisa menggunakan kabel dengan ukuran 3 milimeter kali 2,5 milimeter. Untuk rumah kecil, cara instalasi hemat listrik dengan daya terpasang 900 watt, idealnya ukuran kabel 1,5 milimeter. jika daya terpasang 900 watt dan voltase pln 220 volt, arus pada kabel listrik adalah 4 ampere. menilik tabel penampang kabel, kabel dengan penampang 1,5 milimeter sudah cukup untuk dipakai di rumah tersebut.

Hubungi kami sekarang untuk segala kebutuhan instalasi listrik anda!

Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
Blog , , ,