Beberapa Tips atau Petunjuk dalam Membangun Panel Listrik : Sambungan Listrik, Rangkaian Tambahan dan Pelabelan

Bagian pertama dalam artikel ini meliputi pemenuhan IEC standar 61.439 dalam membangun sebuah panel lisrik.

Bagian kedua tips tentang pengiriman komponen dan penyimpanan, perakitan panel, pembangunan busbar daya dan instalasi perangkat.

Dalam postingan saya kali ini akan membahas lebih banyak tentang :

  • Sambungan listrik (Connection)
  • Rangkaian tambahan untuk daya rendah
  • Pelabelan dan Penandaan

Untuk pemilihan pertama yaitu bus bar, bar fleksibel terisolasi dan kabel. Konduktor ini harus memiliki penampang lebih dari 6 mm2, dengan ukuran sebenarnya ditetapkan setelah memepertimbangkan tekanan listrik dan thermal. Penampang harus memperhitungkan lingkungan dan tingkat perlindungan IP.

Dalam beberapa kasus sebelumnya bar fleksibel terisolasi mungkin ada beberapa pemotongan, pengeboran dan Lipatan. Anda perlu berhati-hati dalam melakukan tindakan tersebut. Misalnya, ketika melipat bar, memperhitungkan tikungan. Ketika pengeboran, diameter lubang harus selalu kurang dari setengah lebar bar.

Dalam menghubungkan busbar, yang terbaik adalah menggunakan kunci momen kalibrasi dan bersertifikat. Menghindari tekanan kontak, yang dapat menyebabkan pemanasan dan lonjakan suhu busbar ketika dalam membawa arus.

5_8-768x503

Ketika mempertimbangkan dengan memilih bar fleksibel terisolasi atau kabel, yang terpenting adalah bar fleksibel harus sesuai dengan IEC 60332-1 standar dengan penampang yang dipilih berdasarkan karakterisitk switchgear, panjang dan lingkungan.

Kabel dapat digunakan dimana saja. Tapi, koneksi kabel menjadi lebih sulit ketika rating daya naik. Hal ini karena kebutuhan akan penampang yang semakin besar, yang membuatnya sulit untuk menyesuaikan kabel di ruang yang tersedia. Bisa disebabkan karena radius kelengkungan terlalu keras dan terlalu banyak titik koneksi terminal.

Kemudian pembahasan kedua saya yaitu tentang penambahan rangkaian daya rendah (pembahasan kedua dalam daftar). Termasuk kontrol dan monitoring serta komunikasi. Kabel disini dengan diameter <6mm2. Karakteristik yang diutamakan bahwa kabel komunikasi harus memenuhi persyaratan untuk pengkabelan atau kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik.

Dalam praktek pemasangannya yang baik yaitu kabel listrik, rangkaian tambahan dan kabel daya rendah harus terpisah. Sebaiknya juga dijauhkan dari kabel kontrol, hal ini untuk meminimalkan masalah komunikasi. Untuk mencegah kerusakan isolasi, menghindari routing kabel seperti terkena benda tajam atau lokasi dimana isolasi pelindung dapat sobek atau rusak.

Tips lain untuk kabel komunikasi yaitu dengan mendekatkan kabel komunikasi dengan permukaan pembumian seperti plat baja. Melakukan hal-hal yang melindungi terhadap interferensi elektromagnetik dan meminimalkan masalah. Menempatkan sudut ketika kabel komunikasi harus menyeberang kabel listrik, sedekat mungkin dengan 90 derajat (tegak lurus dengan lintasan kabel listrik).

Berbagai protokol komunikasi – Modbus, ethernet, profibus, deviceNet, CANopen – masing-masing protokol memiliki persyaratan khusus dan berbeda-beda untuk pemasangan kabel dan koneksi.

Pembahasan ketiga yaitu tentang label dan tanda, merupakan pembahasan terakhir dalam daftar tetapi adalah salah satu yang memiliki banyak bagian yang berlaku di IEC 61439. Sebagai contoh, menurut standar semua switchboard harus diidentifikasi secara tahan lama, terlihat dan terbaca. Juga pada bagian depan panel harus menunjukkan fungsi masing-masing perangkat dan kontrol perangkat. Konduktor harus diberi label dan diidentifikasi untuk memenuhi persyaratan IEC 60445 dan 60446.

Berbagai macam bahan dapat digunakan untuk pelabelan, termasuk aluminium, stainlss steel, double-layer plastik dan banyak lagi. Double-layer plastik harus digunakan bila memungkinkan, karena lebih tahan lama. Karena juga merupakan non-konduktif yang mampu meminimalkan terjadinya hubung singkat.

Ada banyak teknik penandaan seperti laser/ukiran mekanik, sablon/digital printing. Apapun yang digunakan untuk teknik pelabelan harus jelas dan logis dengan tanda peringatan pada daerah yang diperlukan. Pada akhir pembahasan ini catatan tambahan adalah pemeriksaan kualitas pabrik, kemasan, penanganan dan transportasi serta tempat instalasi dan comissioning.

Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
Blog