Dari Mengukur sampai dengan Mengelola Metering / Power Monitoring

Mengukur dan mengelola – dua konsep ini berjalan beriringan. Anda tidak bisa mengelola apa yang anda tidak bisa ukur, seperti pepatah bisnis klasik mengatakan “anda juga tidak dapat melihat seberapa baik anda mengelola tanpa mengukur secara berkelanjutan”. Dengan biaya listrik yang naik dan pentingnya kualitas yang baik, pemilik bangunan dan operator jaringan melihat kebutuhan yang lebih besar untuk program metering pada kedua sisi penawaran dan permintaan transaksi listrik.

M1

Dari gambar diatas menunjukkan, untuk memenuhi semua kebutuhan ini memerlukan perangkat metering di sejumlah lokasi, di seluruh fasilitas dan jaringan yang terhubung, sesuai dengan standar yang relevan.

Secara khusus, engineering saat ini diminta untuk menentukan 5 kebutuhan utama, dab di dalam postingan ini saya akan lebih banyak membahas lebih dalam dengan gambaran singkat dari aplikasi ini.

            Penagihan. Proses yang memungkinkan pemasok energi untuk menagih pelanggan mereka sesuai dengan kontrak yang ditetapkan, untuk penggunaan ataupun jasa yang diukur. (Aplikasi ini dapat dilindungi oleh standar internasional atau peraturan seperti MID (Measuring Instruments Directive) di Eropa atau NMI (National Meter Identifier) di Australia).

            Pemantauan kualitas daya. Proses yang memungkinkan pemasok energi dan atau pelanggan untuk memverifikasi kualitas energi yang disampaikan, sejalan dengan kontrak atau peraturan yang ditetapkan. (Batas untuk jaringan publik Eropa dideinisikan dalam EN 50160)

            Alokasi biaya. Proses yang memungkinkan seorang manajer fasilitas untuk mengalokasikan biaya energi untuk departemen internal terkait atau pusat biaya, seperti lantai manufaktur atau pusat data.

            Sub-Billing (atau penyewa metering). Proses yang memungkinkan pemilik, perusahaan manajemen properti, asosiasi kondominium, asosiasi pemilik rumah atau properti multi-tenant lainnya untuk menagih lebih untuk penyewa, untuk penggunaan ataupun jasa yang diukur. Biaya ini biasanya dikombinasikan dengan biaya fasilitas penyewa lain. (Aplikasi ini kadang-kadang dibahas dalam peraturan, untuk tenan yang berada di Inggris, Kanada dan beberapa negara bagian AS).

            Pemeriksaan tagihan. Proses yang memungkinkan pelanggan untuk memeriksa apakah faktur yang dikirim oleh pemasok energi mereka benar.

            Efisiensi energi dan penghematan biaya, analisis penggunaan energi. Proses yang memungkinkan seorang manajer fasilitas untuk menetapkan konsumsi energi/biaya untuk zona (misalnya per pabrik, per lantai dan per tempat kerja) dan untuk penggunaan tertentu (misalnya HVAC, pencahayaan, peralatan dan proses produksi) dari waktu ke waktu untuk mengoptimalkan konsumsi energi dan biaya energi.

            Pemantauan jaringan, ketersediaan listrik dan kehandalan, perencanaan fasilitas. Proses yang memungkinkan seorang fasilitas manajer untuk memantau instalasi listrik dalam rangka untuk memastikan ketersediaan dan keandalan energi serta daya tahan aset.

Untungnya, meningkatnya kebutuhan meter untuk mengatasi semua aplikasi (kecuali aplikasi billing) sekarang dapat menggunakan generasi PMDs (Power Metering dan Monitoring Devices) yang ada di pasar. Schneider electric memimpin industri dengan Power Logic PM8000 series, dengan model yang dirancang untuk poin-poin kunci dalam metering untuk seluruh infrastruktur energi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Metering Power Monitoring PM8000series ini , dapat menghubungi tim kami, kami akan membantu keperluan anda segera.

Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
Blog