Panel Surya Penghasil Listrik dan Hidrogen

O_solar_panel

Panel surya yang terdiri dari susunan banyak solar sel dimana tugas dari setiap solar sel mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi elektrik.  Ilmuwan dari Bowling Green State University menemukan teknologi pembangkit listrik tenaga surya yang dapat menghasilkan hidrogen. Penemuan ini sangat penting karena dapat meningkatkan efisiensi energi pada panel dengan menghasilkan energi ekstra.

Menurut informasi Ubergizmo pengembangan teknologi panel surya mempunyai core pada penggunaan material nano-crystal buatan. Material tersebut memiliki dua komponen sekaligus yaitu yang bersifat photo catalysis yang mampu menghasilkan hidrogen ketika panel ditenggelamkan pada permukaan air. Komponen kedua bersifat photovoltaic, mengubah cahaya menjadi energi listrik.

Hidrogen memiliki sifat mudah terbakar dan memiliki kandungan energi yang tinggi. Hidrogen bahan bakunya mudah didapat dan memiliki kandungan energi yang tinggi juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Selama ini, hidrogen memang disebut sebagai sumber energi masa depan karena menawarkan sumber energi yang tak terbatas dan bersih. Namun saat ini ilmuwan masih kesulitan memproduksi hidrogen dalam jumlah besar dan skala ekonomis walau bahan bakunya melimpah. Untuk memisahkan molekul hidrogen (H) dari bahan bakunya, Air (H2O), dibutuhkan energi listrik yang sangat besar. Tentu hal ini akan menyulitkan agar dapat memproduksi hidrogen dalam jumlah besar karena menjadi tidak ekonomis.

Reviewer: Tride Fujimart – ItemReviewed: Penemuan Teknologi Baru Panel Surya Yang Menghasilkan Listrik dan Hidrogen

Print Friendly, PDF & Email
Please follow and like us:
Blog