Perbedaan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) dan RCBO

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Berfungsi sebagai alat pengaman arus bocor atau saklar pengaman arus sisa, bekerja dengan sistem differential

  • <30 mA untuk proteksi terhadap manusia
  • <300 mA untuk proteksi terhadap bahaya kebakaran


Bekerja memutus arus listrik saat terdeteksi ada kebocoran arus listrik ke grounding atau tanah. Prinsip kerjanya adalah mendeteksi adanya arus bocor baik pada gangguan tanah maupun gangguan terhadap ground dengan cara membandingkan nilai antara fasa dan netral dari suatu sistem. Dimana arus yang keluar melalui titik fasa dan netral pada suatu sistem instalasi selalu berbanding lurus (seimbang). Apabila ada perbedaan nilai pada titik fasa dan netral yang diakibatkan oleh adanya gangguan tidak seimbang antara titik fasa terhadap tanah atau ground maka ELCB tersebut akan memutuskan aliran listrik pada suatu sistem.

Kelebihan ELCB :

Bila seseorang mengalami tersengat listrik, maka ELCB ini akan dapat bekrja dalam waktu kurang dari 0,1 detik untuk memutus arus listrik. Selain melindungi manusia, ELCB juga sangat berguna untuk melindungi peralatan yang sangat sensitif terhadap kebocoran listrik akibat kesalahan instalasi dll.

 

RCBO (Residual current Circuit Breaker with Over current Protection)

RCBO adalah inovasi terbaru dari Schneider Electric yang menggabungkan fungsi MCB dan ELCB. Residual current Circuit Breaker with Over current Protection (RCBO) ini dirancang lebih hemat ruang. Dengan penggunaan RCBO ini kerusakan jaringan listrik lebih mudah dideteksi. Penggunaan RCBO juga disarankan untuk area lembab seperti area kamar mandi, dapur, kolam renang. Intinya dioptimalkan pada area rumah yang lembab.

Perbedaan ELCB/RCCB dengan VIGI/RCBO :

Spesifikasi

ELCB/RCCB

VIGI/RCBO

Perlindungan beban lebih

X

V

Perlindungan Hub.Singkat

X

V

Perlindungan Arus Bocor

V

V

Lebar 1 Pole

36mm

18mm

Proteksi terhadap manusia 30mA

V

V

Proteksi bahaya kebakaran 300mA

V

X

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Blog , ,
Open chat
1
Selamat Datang di Website BSTG.
Ada yang bisa dibantu?